Laboratorium Manajemen

Laboratorium Manajemen merupakan sebuah unit dibawah naungan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Laboratorium Manajemen menjadi salah satu motor penggerak dalam mengakomodasi penelitian di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Pembentukan unit ini bertujuan untuk memenuhi tuntutan Tri Dharma perguruan tinggi yang merupakan kewajiban perguruan tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam menyongsong dan memenuhi tujuan tersebut, salah satu program unggulan yang dimiliki Laboratorium Manajemen adalah Management Forum. Management Forum merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala oleh Laboratorium Manajemen yang membahas isu-isu ilmiah dan isu praktis serta strategis dalam bidang manajemen bisnis.

bagan-labmene.

Bagan Laboratorium dan Bidang Kajian.

Laboratorium Manajemen memiliki 5 (lima) bidang kajian atau grup riset yang terdiri atas:

Bidang Kajian Kepemimpinan

Bidang Kajian Kepemimpinan ini terbentuk terkait dengan misi FEB UGM dan Departemen Manajemen sebagai berikut: “Enriched by our vibrant international network but rooted in local wisdom, we develop leaders with the integrity and knowledge needed to serve society. Our contribution to the advancement of knowledge is through quality research and innovative teaching”

Misi FEB UGM adalah mengembangkan pemimpin. Pemimpin dalam arti luas, yaitu yang bisa memberikan kontribusi ke mayarakat

Bidang Kajian Kewirausahaan

EntrepreneurshipBidang Kajian Kewirausahaan, Inovasi, dan UMKM merupakan bidang kajian dibawah naungan Laboratorium Manajemen, Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Kami memberi perhatian kepada bagaimana proses-proses kewirausahaan tidak hanya menghasilkan produk dan usaha baru, namun juga bagaimana tercipta dampak yang berkelanjutan baik secara ekonomi, sosial, dan lingkungan. Tiga domain besar yang menjadi prioritas Pusat Kajian Kewirausahaan adalah: (1) INDUSTRI KREATIF DAN BUDAYA, (2) BISNIS KELUARGA, dan (3) KEWIRAUSAHAAN BERBASIS RELIGI. Tiga domain ini menjadi prioritas karena mereka merupakan titik temu antara tren perkembangan literatur kewirausahaan pada satu sisi dan kekayaan konteksual yang dimiliki Indonesia pada sisi yang lain. Bidang Kajian Kewirausahaan juga memiliki database UMKM di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mempermudah publikasi bulletin, riset, serta kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi para UMKM.

Terdapat berbagai program kerja yang kami lakukan, salah satunya yaitu Entrepreneurship Session. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja rutin Bidang Kajian Kewirausahaan. Kegiatan dengan konsep diskusi terbuka oleh narasumber praktisi, narasumber akademisi, dan peserta kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada UMKM dan mahasiswa untuk mengembangkan bisnisnya. Setiap bulan kami juga memberikan berbagai informasi dari hasil riset yang kami lakukan kemudian dibagikan kepada anggota database UMKM dalam bentuk Bulletin Entrepreneurship. Bidang Kajian Kewirausahaan baru saja membuat inovasi kegiatan baru yaitu Clinic Entrepreneurship. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbisnis pelaku UMKM melalui pemberian sesi konsultasi gratis bersama para dosen FEB UGM. Kami berharap dengan adanya Clinic Entrepreneurship ini dapat memberikan solusi bagi para UMKM dengan cara berkonsultasi langsung secara tertutup kepada para dosen FEB UGM.

Bidang Kajian Manajemen Logistik dan Rantai Pasok (MLRP)

MLRPBidang kajian Manajemen Logistik dan Rantai Pasok merupakan bidang kajian yang didirikan untuk meneliti isu-isu terkait Logistik dan Rantai Pasok. Sesuai dengan cetak biru agenda riset Bidang Kajian MLRP 2020-2025, bidang kajian memfokuskan agenda riset ke arah topik-topik terkait supply chain sustainability dan supply chain resilience.

 

 

Bidang Kajian Pasar Keuangan

Financial MaketBidang Kajian Keuangan memiliki fungsi sebagai penyedia data terkait dengan pasar keuangan dan melakukan berbagai kajian dalam berbagai isu di bidang kuangan. Sebagai penunjang, bidang kajian keuangan didukung oleh fasilitas berupa dashboard Thomson Reuters dan Bloomberg yang dapat diakses untuk keperluan tugas mata kuliah maupun tugas akhir mahasiswa FEB UGM. Juga terdapat pula Osiris yang diberikan oleh universitas.

 

Bidang Kajian Pemasaran

Digital MarketingBidang Kajian Pemasaran merupakan bidang yang didirikan sebagai media dalam upaya mewadahi penerapan ilmu manajemen khususnya di bidang pemasaran. Bidang Kajian Pemasaran didirikan sebagai bidang kajian yang melakukan penelitian diikuti dengan perkembangan industri serta pasar. Bidang Kajian Pemasaran bertugas untuk menggali lebih dalam mengenai berbagai topik seperti industri perdagangan daring, keuangan berteknologi, dan media sosial dalam konteks fenomena bisnis. Bidang kajian ini penting sekali keberadaannya sebagai upaya dari FEB UGM untuk turut memonitori perubahan dinamika pasar sebagai upaya memanfaatkan peluang dan mengetahui ancaman yang harus dihadapi oleh tiap pelaku ekonomi.

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi digital pun semakin maju. Bahkan, sumber daya manusia (SDM) Indonesia harus cepat beradaptasi dan menguasai berbagai kemampuan dengan mengikuti dinamika pasar. Oleh karena itu, Bidang Kajian Pemasaran turut berkontribusi secara akademis maupun praktis dalam meneliti pengembangan disiplin ilmu pemasaran melalui dua program utama yaitu “Methodological Research Series” dalam bentuk seminar & workshop serta penelitian dengan topik yang berkaitan dengan manajemen pemasaran yang mencakup berbagai macam lingkup seperti perilaku konsumen hingga pemasaran digital.

Masing-masing bidang kajian dipimpin oleh satu dosen FEB UGM yang rekam jejak penelitian dan ketertarikan topik penelitian sesuai dengan bidang kajian yang dipimpin.